Emotional Banking Account

Rabu, 23 Desember 2009


Mari buka account yang satu ini: Emotional Banking Account (EBA). Caranya? ya... berbuat baiklah dan sharing hal-hal positif pada sebanyak mungkin orang :-) Dengan berbuat baik atau sharing sesuatu yang positif ke seseorang, berarti kita sudah membuka EBA terhadap orang tersebut :-)

Trus, apa gunanya EBA? Weh, ya banyak... Semakin banyak kita punya EBA, semakin luas lingkaran pengaruh kita. Semakin luas lingkaran pengaruh, berarti semakin banyak hal di luar diri kita yang controllable. Asyik kan?

Bukankah akan menyenangkan, kalau kita bisa mengontrol lingkungan? Emang sih... kalau kita tinjau ke dalam, kontrol yang terpenting adalah kontrol dari diri, dalam artian, kita sendiri yang mengontrol bagaimana lingkungan akan mempengaruhi kita... Bingung? xixixix...

Gini deh... Mungkin kalau kita hubungkan dengan the 7 Habits-nya Steven R. Covey, be proactive! Jangan biarkan kita reaktif terhadap lingkungan, tapi kendalikan reaksi tersebut :-) Contohnya nih... orang tidak akan bisa menyakiti hati kita tanpa "seijin" kita... Jadi, kalau misalnya suatu saat kita sakit hati, itu karena kita memang "memutuskan" untuk sakit hati... :D Kalau kita memang sudah memutuskan untuk tidak sakit hati, mau orang lain ngomong atau berbuat apa... ya... sebodo amat... xixixix... Githu deh, kira-kira...

Trus, apa hubungannya dengan EBA tadi? Wew, kalau yang ini berguna banged untuk mengokohkan kontrol kita terhadap lingkungan. So, kalau kita gabungkan keduanya: kita punya banyak EBA, artinya lingkaran pengaruh kita terhadap lingkungan luas, ditambah dengan sikap proaktif... Weh, bisa dibayangkan, pusat segala tindakan dan perasaan kita adalah diri kita sendiri! Singkatnya, nantinya yang kita rasakan adalah: tidak ada seorangpun yang bisa mempengaruhi aku tanpa seijinku, bahkan akulah yang mempengaruhi orang lain... Huadduuhh... Gimana kira-kira? Asyik atau malah "mengerikan"? =))

posted under |

0 comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Hi! :-)

This is my online diary...
Namanya juga diary, suka-suka aku mau nulis apa :p So, mohon muup sebelumnya klo ada yang merasa tersinggung, tersindir dll... Bukan maksud hati loh... Sungguh... :-)

Recent Comments